kelas GP 2012 ^^

Hi, GP Mania…bike lovers….^^
Pastinya kita sudah benar2 menanti serunya motoGP di sirkuit Motegi Jepang akhir minggu ini :).
Namun, sebelum kita lanjutkan jantung berpacu cepat, bagaimana kalau kita ulas sekilat, tentang kelas-kelas di GP berikut jagoan2 andalannya.

Let’s cekidot…

A. Kelas Moto3

Kelas paling bontot dari Grand Prix ini baru lahir pada tahun 2012. Kelas ini merupakan kelas pengganti mesin2tak 125 cc. Kini sama seperti kedua saudaranya, sama-sama menggunakan mesin 4tak, namun dengan kapasitas 250cc.

Balapan kelas moto3 yang biasanya sering disaksikan oleh The Doctor kita Valentino Rossi, sekarang ini diduduki oleh Sandro Contese (22, Germany), yang untuk sementara sampai blog ini diposting, memperoleh poin 245, disusul oleh Luis Salom (21, Spain) dengan poin 194 dan rekan senegaranya Maverick Vinales (17, Spain) dengan poin sementara 179.

B. Kelas Moto2

Anak tengah dari kelas GP ini lahir pada tahun 2010, menggunakan sistem engine 4tak 600cc sebagai pengganti kelas 2tak 250cc.
Kejuaraan kelas Moto2 bisa dibilang hampir menyamai kelas MotoGP karena persaingan ketat dan drama yang sering terjadi selama race berlangsung.

Andalan kelas Moto2 yang kini sedang berada di atas angin yaitu Marq Marquez (Spain). Si ganteng berusia 19 tahun ini mendapat poin sementara 258. Disusul Pol Espargaro(21), masih rekan senegaranya, yang mendapat poin 210. Kemudian dibuntuti oleh rider asal Italia Andrea Iannone(23) dengan poin 178.

C. Kelas MotoGP

Ini dia anak tertua dari babeh Grand Prix. Kelas inilah yang paling dinanti kehadirannya dalam setiap event balap motor. Sekitar pkl 19.00 WIB, kecuali untuk balapan di sirkuit-sirkuit Asia, kita sudah dapat menyaksikannya di layar televisi TransTV sambil ngemil dan minum kopi.

Banyak drama yang sering terjadi di race ini. Misalnya perebutan posisi selama race untuk bisa berdiri di atas podium atau kecelakaan tragis yang dialami oleh Shoya Tomizawa (20,Japan) pada 5 September 2012 atau yang paling mendebarkan terlepasnya helm Marco Simoncelli (24, Italy) 23 Oktober 2011 silam yang mengantarkannya pada kematian.
Beberapa jagoan top 5 yang mungkin kita sangat kenal yaitu:

1. Valentino Rossi (33, Italia) : 46
Rossifumi atau yang kita kenal dengan nickname The Doctor ini, mulai nyemplung ke arena balap motoGP sejak tahun 1996 mengikuti sang ayah Graziano Rossi. Dalam arena balap MotoPG sendiri, beliau sudah mengantongi 8 kemenangan. Suatu angka yang cukup fantastis bagi seorang rider. Yang unik dari semua itu adalah, ciri khasnya dalam selebrasi kemenangan, dengan banyak melakukan aksi-aksi konyol dan menghibur, membuatnya sangat dekat dengan para penggemar juga dihormati oleh para villain.
Saat ini beliau bergabung dengan tim Ducati bersama Nicky Hayden ^^

2. Casey Stoner (27, Australia) :27
Meski bisa dibilang lebih muda atau tidak seangkatan dengan ketenaran Rossi saat berada di puncak, seorang Ausie yang kini tengah menikmati masa-masa menjadi seorang ayah ini kerap dinilai sebagai lawan tangguh Rossi di track MotoGP. Ia telah menjuarai 2 kali season MotoGP (2007,2011) namun digosipkan ingin pensiun di musim tahun 2013. Sayang sekali.

3. George Lorenzo

to be continued..hehe….

Leave a comment